Pages

Jenis keputihan berdasarkan warna

Keluarnya cairan pada vagina disebut keputihan. Cara tersebut merupakan suatu kondisi alami yang menjadi cara tubuh untuk menjaga kebersihan pada organ intim, keputihan bekerja  dengan membawa bakteri sehingga organ reproduksi terhindar dari penyakit. Keputihan yang normal banyak dialami oleh wanita, dan biasanya akan mereda dengan sendiri nya. Namun jika keputihan muncul dengan keluhan lain nya maka patut dicurigai bahwa itu termasuk keputihan tidak normal.


Keputihan tidak normal terjadi karena infeksi atau penyakit tertentu. Keputihan yang tidak normal memiliki ciri-ciri tertentu yang harus kita kenali. Agar kita tidak salah penanganan nya. 

Ciri-ciri keputihan normal yaitu

1. Berwarna putih bening

2. Tekstur nya encer sedikit kental

3. Tidak menimbulkan gatal

4. Tidak menimbulkan bau tidak sedap

Sedangkan berikut ini adalah tanda-tanda keputihan tidak normal yang perlu diwaspadai.

1. Bau tidak sedap (bau amis atau bau busuk)

2. Berwarna kuning, kehijauan kental dan tekstur menggumpal

3. Menyebabkan gatal

Penyakit apa saja yang bisa menyebabkan keputihan yang tidak normal, di antara nya sebagai berikut :

1. Infeksi pada vagina akibat jamur

2. Infeksi pada vagina akibat bakteri,

Infeksi bakteri menjadi infeksi yang paling banyak dialami oleh wanita. Infeksi bakteri ini terjadi karena ketidakseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat pada vagina. 

Infeksi bakteri terjadi bisa karena hubungan sex yang tidak sehat, tidak menggunakan kondom dan berganti-ganti pasangan.

3.  Kanker serviks

Kanker serviks merupakan penyakit yang serius, yang diakibatkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Gejala awal biasanya adalah keputihan namun sering tidak diketahui oleh wanita. 

4. Penyakit pada panggul

Penyakit radang panggul terjadi karena hubungan sexual yang tidak sehat. Terjadi infeksi dan dapat menyebar ke rahim. Pada saat itu keputihan akan keluar tidak normal dari biasanya. 

5. Alergi

Alergi pada vagina biasanya terjadi karena disebabkan oleh pembersih wanita, sabun, kondom, pelumas saat berhubungan sexual. Ketika itu terjadi maka segeralah hentikan penggunaan nya dan periksa ke dokter.

Langkah pencegahan keputihan yang tidak normal harus dilakukan karena jika itu adalah salah satu indikator bahwa kita sedang terjangkit penyakit atau terjadi infeksi di organ kewanitaan kita. 

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah keputihan yang tidak normal, yaitu:

1. Bersihkan vagina dengan air bersih atau hangat setelah buang air kecil atau besar dan keringkan dengan tisu.

2. Jangan menyemprotkan air ke vagina karena akan menghilangkan bakteri baik.

3. Jangan menggunakan produk kewanitaan seperti pembersih kewanitaan yang mengandung deterjen dan parfum, karena akan mengganggu PH dalam vagina.

4. Tidak menggunakan celana dalam yang ketat. Karena selangkangan akan menjadi lembab, apalagi jika celana tersebut tidak menyerap keringat.

5. Tidak melakukan sex bebas, karena jika kita berganti ganti pasangan resiko tertular penyakit menular sexual menjadi besar.

6. Jika kita sedang menstruasi, maka harus mengganti pembalut sesering mungkin, minimal 3x. 






0 Response to "Jenis keputihan berdasarkan warna"

Post a Comment